Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terhadap LKPD berbasis problem based learning dalam pembelajaran IPA khususnya fisika setelah diberlakukannya kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada 2 orang guru IPA kelas VII fase D SMP dan penyebaran angket kepada 68 peserta didik kelas VII fase D SMP. Hasil dari wawancara didapatkan bahwa guru belum pernah menggunakan LKPD berbasis problem based learning dalam proses pembelajaran. Selain itu, kemampuan peserta didik berdasarkan hasil belajar masih perlu ditingkatkan karena peserta didik sulit memahami materi terutama pada soal perhitungan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang digunakan guru saat ini hanya buku paket. Sebanyak 92,7% peserta didik tertarik menggunakan LKPD berbasis PBL. LKPD berbasis problem based learning dapat menjadi salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan guna menunjang proses pembelajaran dan memaksimalkan kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2024