Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 1 (2024): Oktober

Pengaruh Diversifikasi Metode Pembelajaran terhadap Keaktifan Siswa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 2 Taman

Clara Avilu Istighfarin (Unknown)
Rizka Nadilla Putri (Unknown)
Junia Thre Veroniva (Unknown)
Sofia Dwi Damayanti (Unknown)
Fithrotul Ghorizah (Unknown)
Ayu Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh diversifikasi metode pembelajaran terhadap keaktifan siswa dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 2 Taman. Tujuan penelitian adalah menganalisis bagaimana variasi metode meningkatkan keterlibatan siswa. Dengan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui angket skala Likert dari 36 siswa kelas VIII. Hasil menunjukkan penerapan metode yang beragam secara signifikan meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Penelitian merekomendasikan pendidik merancang metode yang lebih efektif untuk mendukung Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...