Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 1 (2024): Oktober

Peran Komunikasi Terhadap Hubungan Sosial Guru Dengan Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Panyabungan

Zulhan Sukri (Unknown)
Ali Yusron (Unknown)
Reni Septrisia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran komunikasi dalam membangun hubungan sosial antara guru dan peserta didik di SMA Negeri 1 Panyabungan. Komunikasi terbuka antara guru dan peserta didik di sekolah ini menjadi dasar dalam menciptakan hubungan sosial yang baik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan 1 kepala sekolah, 2 wakil kepala sekolah, 1 komite, 7 guru bidang studi, 1 guru BK, dan 34 peserta didik sebagai informan utama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang diterapkan oleh guru di SMA Negeri 1 Panyabungan sudah efektif, tercermin dari sikap keterbukaan guru terhadap keluhan dan aspirasi peserta didik. Hal ini turut memperkuat hubungan sosial yang positif antara guru dan peserta didik, baik dalam lingkungan kelas maupun di luar kelas. Peran komunikasi yang baik ini juga menjadi faktor penunjang dalam proses pembelajaran yang efektif dan membangun kedisiplinan serta tanggung jawab peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...