Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 2 (2025): Januari

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING – PJBL) DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR

Fajar Sidik Siregar (Unknown)
Enjel Fanita Sihombing (Unknown)
Gnade Denalita Saragih (Unknown)
Clara Sriyusniar Binjori (Unknown)
Nadia Grace Sianturi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penerapan PjBL khususnya dalam pendidikan jasmani memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung. Dalam model ini, siswa tidak hanya menjadi penerima informasi tetapi juga pelaku aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan jasmani di sekolah dasar serta mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan keterampilan fisik dan sosial siswa. Metode penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yakni studi pustaka, dari beberapa literatur review sesuai dengan topik serta tujuan penelitian. Analisis data dilakukan dengan tahapan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam pendidikan jasmani di sekolah dasar memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan siswa serta pengembangan keterampilan fisik, sosial, dan emosional mereka. Dalam hal ini, siswa tidak hanya belajar teori olahraga dan kesehatan, tetapi juga menerapkannya dalam situasi nyata melalui proyek-proyek yang relevan dan menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...