Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2024): Edisi Desember

Menggali Potensi Emosional Anak Melalui Pelatihan Seni Motif Geometris Flores

Pandanwangi, Brilindra (Unknown)
Laksani, Hening (Unknown)
Suci Pravitasari, Indriati (Unknown)
Farraya Arkan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Pengabdian ini dilaksanakan untuk peningkatan potensi emosional anak melalui program "Pelatihan Seni Motif Geometris Flores" di TK Pertiwi 01. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya perhatian terhadap perkembangan emosional anak akibat kemajuan teknologi dan perubahan sosial budaya. Tujuan dari pengabdian ini adalah menciptakan lingkungan yang mendukung anak untuk mengekspresikan diri secara kreatif. Metode yang digunakan meliputi survei awal, sesi pelatihan seni, dan evaluasi untuk menilai dampak terhadap ekspresi emosional dan interaksi sosial anak.  Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri dan kemampuan interaksi sosial anak, dengan kepercayaan diri meningkat sekitar 15,4%, yang menegaskan efektivitas seni sebagai media pengembangan emosional. Program ini menekankan pentingnya integrasi pendidikan seni dalam kurikulum pendidikan usia dini, yang tidak hanya mengembangkan keterampilan seni tetapi juga kecerdasan emosional dan pembentukan karakter anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat is a peer-reviewed journal published by the Laboratory of Political Science and Government, Faculty of Social and Political Science, Universitas Halu Oleo, Indonesia. It is at the national and international level that covers a lot of common problems or issues ...