Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 2, No 2 (2024)

STRATEGI PENANAMAN NILAI - NILAI ANTI KORUPSI PADA MAHASISWA

Jamiat, Ahmad (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Fajri, Ilal (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Fatia, Azhariah (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Hakim, Lukmanul (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Korupsi merupakan salah satu permasalahan besar yang memerlukan upaya serius untuk diberantas. Selain tindakan hukum represif, pencegahan melalui pendidikan anti-korupsi menjadi langkah strategis dalam membangun generasi yang berintegritas. Pendidikan ini dapat diterapkan melalui tiga jalur utama, yaitu pendidikan formal di sekolah atau kampus, pendidikan informal dalam keluarga, dan pendidikan nonformal melalui komunitas atau masyarakat. Nilai-nilai dasar seperti kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, dan keberanian perlu ditanamkan sejak dini hingga dewasa sebagai bagian dari pendidikan sepanjang hayat. Di lingkungan kampus, implementasi pendidikan anti-korupsi meliputi integrasi nilai-nilai tersebut dalam kurikulum, pembudayaan dan pembiasaan nilai dalam kehidupan kampus, serta pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) untuk menggali konsep, pendekatan, dan strategi yang relevan dalam penerapan pendidikan anti-korupsi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam membentuk individu berkarakter anti-korupsi yang mampu menghadapi tantangan korupsi di kehidupan nyata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaltips

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial aims to publish and disseminate original works and current issuess on the subject of research and studies in the field of education and social science including Studies in science, teaching and learning, educational philosophy, educational ...