Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)
Vol 2 No 5 (2025): Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)

Literatur Review: Menentukan Nilai Pasar Pemain Berdasarkan Usia, Posisi, Dan Jumlah Pertandingan

Bagus Sadewo (Unknown)
Didi Hapidin (Unknown)
Ilham Arifin (Unknown)
Jamaludin (Unknown)
Muhammad Fakhri Azmar (Unknown)
Mulya Adi Saputra (Unknown)
Yoni Pramudya (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor kompleks yang memengaruhi nilai pasar pemain sepak bola, termasuk variabel internal seperti usia, posisi di lapangan, dan jumlah pertandingan, serta faktor eksternal seperti popularitas global dan eksposur media sosial. Berdasarkan analisis literatur, usia ditemukan sebagai salah satu determinan utama, di mana pemain dalam rentang usia 21–25 tahun memiliki nilai pasar tertinggi karena potensi pengembangan dan performa optimal. Posisi pemain juga memainkan peran penting, dengan posisi menyerang seperti penyerang dan gelandang serang cenderung memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan posisi bertahan atau penjaga gawang. Selain itu, pengalaman kompetitif yang diukur melalui jumlah penampilan dalam turnamen besar seperti Liga Champions atau Piala Dunia secara signifikan meningkatkan nilai pasar seorang pemain.. Penelitian ini memberikan pandangan holistik tentang dinamika pasar transfer pemain sepak bola dan menyarankan pendekatan strategis bagi manajer klub dan agen dalam memaksimalkan nilai pemain, baik dari perspektif olahraga maupun komersial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biikma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...