Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Geosfer

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY (VR) DALAM MEMBANGUN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR DI SMA NEGERI 1 TORUE

Maliki, Rendra Zainal (Unknown)
Listiqowati, Ika (Unknown)
Nisa', Zumrotin (Unknown)
Novarita, Amalia (Unknown)
Hermawan, I Made (Unknown)
Abram, Astri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Pemahaman kesiapsiagaan bencana sangat penting dimiliki oleh semua siswa sehingga kesiapsiagaan banjir yang dikemas dalam virtual reality dan dikembangkan untuk pengembangan media pembelajaran geografi. Tujuan penelitian yaitu mengimplementasikan virtual reality dalam membangun kesiapsiagaan banjir pada siswa SMAN 1 Torue. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian yang digunakan menggunakan rancangan pretest dan posttest pada dua kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data menggunakan SPSS 17 untuk uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 70,1 dan nilai rata-rata posttest 88,5. Dari hasil pretest dan posttest dapat dilihat perbedaan pemahaman materi pada siswa sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh value 0,00 dari = 0,05, karena nilai value nilai tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan pemahaman materi pada siswa yang menggunakan VR pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...