Information Technology Education Journal
Vol. 3, No. 3, September (2024)

Pengembangan Desain Antarmuka Pengguna untuk Aplikasi Edukasi Gizi dalam Pencegahan Stunting

Prima Putra, Kurnia (Unknown)
Aidil Amri, Muhammad (Unknown)
Ananda Fachrul, Nidya (Unknown)
Tasha Kurnia, Shahnaz (Unknown)
Daffa, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Pencegahan stunting merupakan tantangan kesehatan yang membutuhkan pendekatan inovatif, termasuk pengembangan teknologi edukasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) aplikasi edukasi gizi berbasis pendekatan Design Thinking. Salah satu tahap kritis dalam pendekatan ini adalah pengumpulan wawasan dari pengguna untuk memastikan desain yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Penelitian ini menggunakan survei sebagai metode utama pengumpulan data, yang disebarkan kepada 100 responden yang terdiri dari ibu rumah tangga, tenaga kesehatan, dan pelajar. Survei dirancang untuk mengidentifikasi kebiasaan pengguna dalam mengakses informasi gizi, fitur yang diinginkan dalam aplikasi, serta preferensi terhadap elemen visual dan navigasi antarmuka. Data yang diperoleh dianalisis untuk merumuskan kebutuhan utama pengguna sebagai dasar perancangan prototipe UI. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas responden menginginkan fitur perencanaan asupan gizi, visualisasi data yang interaktif, dan navigasi sederhana sebagai elemen utama dalam aplikasi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengintegrasikan wawasan pengguna ke dalam proses desain aplikasi berbasis teknologi untuk pencegahan stunting.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

INTEC

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

INTEC Journal is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Program at Makassar State University. INTEC Journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...