Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penguasaan kemampuan pedagogi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Universitas Negeri Makassar dalam program Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan (AMSP). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, melibatkan 82 mahasiswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan program AMSP PTIK berada dalam kategori baik. Sebanyak 82% mahasiswa menilai program AMSP baik, sedangkan 18% menilai cukup baik. Faktor pendukung pelaksanaan program meliputi sosialisasi program yang efektif, pemenuhan syarat administratif yang optimal, pendampingan guru pamong yang maksimal, dan pengalaman praktik mengajar yang memadai. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti pembekalan program yang belum maksimal, monitoring Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang masih kurang, keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah, serta kesulitan mahasiswa dalam menentukan metode pembelajaran yang sesuai. Sedangkan penguasaan kemampuan pedagogi mahasiswa sebagai hasil pelaksanaan program AMSP secara umum tergolong baik. Sebanyak 60% mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan 40% berada dalam kategori sedang. Faktor pendukung penguasaan pedagogi meliputi kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran, memahami bentuk evaluasi, dan memiliki motivasi untuk terus mengembangkan kompetensinya. Di sisi lain, faktor penghambatnya meliputi kesulitan mahasiswa dalam merancang modul ajar, menerapkan pembelajaran berbasis 4C (Critical thinking, Creativity, Collaboration, Communication), dan merancang alat evaluasi. Selain itu, program AMSP belum sepenuhnya memotivasi mahasiswa menjadi pendidik profesional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024