Journal of Educational Review and Research
Vol 7, No 1 (2024): VOLUME 7 NUMBER 1 JULY 2024

Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan LKPD Terhadap Pengetahuan Matematis Siswa

willasari, friska (Unknown)
Rosmaiyadi, Rosmaiyadi (Unknown)
Buyung, Buyung (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat perbedaan model pembelajaran Problem Posing berbantuan LKPD terhadap pengetahuan matematis siswa dan untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap model pembelajaran Problem Posing. Metode penelitian ini mereupakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Teriak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Teriak. Data diperoleh melalui instrumen tes pengetahuan matematis serta angket aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan pada tes pengetahuan matematis yaitu materi Segiempat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan pengetahuan matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing berbantuan LKPD dan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan teknik tes normalitas, uji homogenitas, dan uji t untuk dua sampel independent. 2) Aktivitas siswa tergolong aktif terhadap pembelajaran Model Problem Posing berbantuan LKPD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...