Journal of Community Empowerment and Innovation
Vol 3 No 3 (2024)

PEMANFAATAN E-PERPUS DALAM MENDUKUNG LITERASI DIGITAL DAN MINAT BACA ANAK-ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANG WULUH 01 TEGAL

fitria, ria indah (Unknown)
Tulodo, Rizki Prasetyo (Unknown)
Ujianto, Nur Tulus (Unknown)
Sofyan, Ali (Unknown)
Firmansyah, Hasbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Minat membaca yang kurang membuat Sekolah Dasar Negeri 07 Adiwerna banyak siswa siswinya yang masih belum lancar dalam membaca, oleh karena itu peneliti memanfaatan E-Perpus di Sekolah Dasar Negeri Karang Wuluh 01 Tegal, untuk membuat minat literasi di kalangan anak – anak meningkat. Didalam E-Perpus ini terdapat bacaan yang menarik contohnya buku bergambar yang di perlihatkan secara digital, membuat siswa siswi tidak jenuh dengan sistem baca yang tradisional dengan menggunakan buku. Pengabdian ini mengeksplorasi dampak dan implikasi penggunaan E-Perpus dalam konteks pendidikan dasar. Melalui analisis penerapan E-Perpus, ditemukan bahwa platform ini memberikan akses mudah terhadap beragam materi bacaan elektronik, memperluas cakrawala literasi, dan mendorong keterampilan teknologi informasi di kalangan siswa. Dalam pelaksanaannya nanti siswa siswi akan diberikan tutorial bagaimana cara menggunakan E-Perpus. E-Perpus memiliki berbagai macam fitur yang interaktif untuk siswa siswinya. E-Perpus bukan hanya menjadi sarana penyedia informasi, tetapi juga menggalakkan interaksi dinamis antara siswa, guru, dan bahan bacaan. Penggunaan E-Perpus di Sekolah Dasar Negeri Karang Wuluh 01 Tegal bertujuan untuk mengubah paradigma tradisional membaca menjadi pengalaman digital yang menarik dan interaktif. Diharapkan bahwa melalui pendekatan ini, minat baca anak-anak akan meningkat secara signifikan, sementara literasi digital mereka pun akan terasah dengan baik. Kesimpulannya, E-Perpus menjadi instrumen penting dalam mengembangkan literasi digital dan minat baca anak-anak di era teknologi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

join

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Fokus kajian JOIN (Journal of Community Empowerment and Innovation) adalah pada daya saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), kerjasama antar pemerintah desa, kapasitas organisasi perempuan, kreativitas dan inovasi teknologi informasi dalam pendidikan dan ...