Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mencegah bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Penggalian data menggunakan pendekatan kualitatif dengan prinsip triangulasi yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lombok Barat. Hasil penelitian menggambarkan bahwa implementasi P5 dilakukan proses manajemen yang lengkap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses-proses tersebut dilakukan dengan menganalisa kesiapan tema, menetapkan tim fasilitator, dan rencana tindak lanjut. Selanjutnya adalah faktor pendukung implementasi diantaranya yaitu ketersediaan sumber daya sekolah berpengalaman dan support kepala sekolah, sementara faktor pemnghambatnya adalah sebagian guru masih belum memahami kurikulum secara komperhensif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024