Prosiding Konferensi Nasional PKM-CSR
Vol 7 (2024): PKMCSR2024: Kolaborasi Hexahelix dalam Optimalisasi Potensi Pariwisata di Indonesia: A

PPM PPM PENINGKATAN PENJUALAN KUE DALAM PEMILIHAN LANGKAH STRATEGIS USAHA KECIL MENENGAH

Krisnadhi, Krisnadhi Hariyanto (Unknown)
Subaderi, Subaderi (Unknown)
Oktavia, Chendrasari Wahyu (Unknown)
Bima, Putu (Unknown)
Putra, Giovanni Firmasyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Menjalankan bisnis kue kering adalah salah satu usaha yang paling sederhana dan mudah pekerjaannya karena minat masyarakat yang tinggi terhadap kue kering. Selain mendapat laba yang besar, usaha ini juga memiliki risiko yang dapat menimbulkan kerugian bagi pemiliknya apabila stok kue kering tidak terjual dalam waktu yang lama karena kue tersebut tidak menggunakan bahan pengawet. Kue kering yang dijual oleh Ibu Lutfiahwati biasanya tidak dikemas dengan baik dan hal ini menyebabkan berkurangnya minat pembeli. Bisnis kue kering ini mengalami kesulitan dalam hal produksi karena mitra hanya memiliki satu mixer kecil dan mesin oven yang ukurannya kecil. PKM ini dilakukan dengan tujuan untuk menangani masalah yang dihadapi oleh mitra seperti kurangnya peningkatan penjualan dan kapasitas produksi serta kurangnya pencatatan keuangan usaha. Penyelesaian masalah mitra ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi lapangan, dan pelatihan. Hasil kegiatan ini berupa mesin oven 2 layer berukuran 36 cm x 49 cm x 39 cm untuk mendukung proses produksi dan penyelesaian untuk manajemen usaha (keuangan) dilakukan pelatihan dalam pembuatan laporan keuangan usaha mitra. Hasil akhir kegiatan ini adalah adanya peningkatan penjualan produk yang signifikan dan mitra telah memiliki laporan keuangan usaha.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pkmcsr

Publisher

Subject

Humanities Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Nursing Public Health Social Sciences

Description

Prosiding PKM-CSR merupakan rangkuman hasil Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibilty (PKM-CSR) yang diselenggarakan setiap tahun oleh kolaborasi beberapa Perguruan Tinggi yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Pelita Harapan (UPH), Swiss ...