Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat
Vol 4, No 2 (2024): Desember 2024

PELATIHAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DAN BERNYANYI BAGI GURU TK PENDIDIKAN NAZHIRUL ASROFI

Puji Hariati (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Purwarno Purwarno (Universitas Islam Sumatera Utara)
Nurmayana Nurmayana (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Derlini Derlini (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Nurhalimah Nurhalimah (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Abstract: The aim of this service is to improve English for Nazhirul Asrofi Educational Foundation Kindergarten students. In reality, learning English is not an easy thing for kindergarten students. This is caused by several problems, including a lack of creativity as a teacher in implementing learning methods for kindergarten students. Many kindergarten students feel bored when learning English, so the author carries out Community Service, in order to help teachers at the Nazhirul Asrofi Educational Foundation Kindergarten by using different methods in teaching English, namely by telling stories and singing. With this training, the participants understand what all students experience in learning English, therefore all participants use learning media that is adapted to the method being taught and practice how to teach English using this method. Keyword: Sing a Song Method; English; Kindergarten Learning.  Abstrak: Tujuan akhir dari Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan Bahasa Inggris bagi siswa TK Yayasan Pendidikan Nazhirul Asrofi. Kenyataannya, Belajar Bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah bagi siswa TK. Hal ini disebabkan dari beberapa masalah, diantaranya karena kurangnya kreatifitas seorang guru dalam mengimplementasikan metode belajar bagi siswa TK. Banyak siswa TK merasa bosan Ketika belajar Bahasa Inggris, maka penulis meleksanakan Pengabdian kepada Masyarakat, guna untuk membantu guru di TK Yayasan Pendidikan Nazhirul Asrofi dengan menggunakan metode yang berbeda dalam mengajarkan Bahasa Inggris, yaitu dengan cara metode bercerita dan bernyanyi. Dengan pelatihan ini para peserta paham yang dialami oleh seluruh siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, oleh karena itu semua peserta menggunakan media pembelajaran bercerita dan bernyanyi yang disesuaikan dengan metode yang diajarkan agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Kata kunci: Metode Sing a Song; Bahasa Inggris; Pembelajaran di TK

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPSTM

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat adalah merupakan jurnal ilmiah dengan E-ISSN 2776-7647 yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang terbit pada bulan April dan Desember setiap ...