JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 7 No 3 (2024): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) November 2024

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 4 SIPIROK

Elindra, Rahmatika (Unknown)
Lubis, Roslian (Unknown)
Siregar, Yuni Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Thiking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 4 Sipirok. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen dengan rancangan one group pretest post test design. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sipirok dengan jumlah siswa 55 orang. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VII-A dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial dengan uji paired t-test. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat ditemukan (1) rata-rata menggunakan model pembelajaran TAPPS adalah 3,6 (kategori baik) dan (2) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada sistem topik bentuk aljabar sebelum menggunakan model pembelajaran TAPPS adalah 51,33 (cukup) dan setelah menggunakan model pembelajaran TAPPS pada topic persamaan linear satu variabel adalah 89,89 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan paired samples test, (SPSS versi 26), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya, ada keefektifan penggunaan model pembelajaran Thiking Aloud Pair Problem Solving pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada topik persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Sipirok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...