JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 7 No 3 (2024): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) November 2024

PENGARUH POWTOON BERBASIS CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA ARITMATIKA ALJABAR

Simamora, Eka Finanti Septiana (Unknown)
Waruwu, Fertianus (Unknown)
Br Zandroto, Nurcahaya (Unknown)
Simanungkalit, Imel (Unknown)
Halomoan Siregar, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan Powtoon berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa SMP pada topik operasi hitung aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain Pre-test-Post-test dengan kelompok kontrol Non-ekuivalen. Riset ini melibatkan 60 siswa, dengan 32 siswa di kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VII-2 berperan sebagai kelas kontrol. Siswa di kelas eksperimen mengimplementasikan Animasi Powtoon berbasis CTL sebagai media pembelajaran, sedangkan kelas kontrol menerapkan pendekatan konvensional. Hasil analisis data dengan Uji Mann-Whitney (Wilcoxon Rank-Sum Test) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (, ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Powtoon berbasis CTL efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung aljabar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...