Buklet digital (E-booklet) merujuk pada buku saku elektronik berupa lembaran-lembaran elemen visual yang dikemas ringkas namun lugas dan komunikatif. Buklet digital lazim dimanfaatkan sebagai media publikasi yang atraktif melalui kombinasi grafis, gambar, dan keterangan teks untuk mempromosikan produk atau jasa dari suatu bisnis termasuk pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Akan tetapi, pelaku usaha produktif pada level ini, seperti toko Ani Cake, cenderung terkendala masuk ke pasar konsumen sebab belum dikenal masif oleh publik. Hal ini disinyalir sebab toko Ani Cake masih dominan menggunakan strategi pemasaran getok tular (Word of Mouth (WOM)) konvensional padahal strategi ini dapat dioptimalkan melalui media digital sehingga lebih interaktif, berjangkauan luas, efektif dan efisien apalagi dilengkapi versi Bahasa Inggris untuk memperluas pangsa pasar. Oleh sebab itu, tim pengabdi melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menunjang promosi toko Ani Cake, sebagai mitra, melalui pendampingan pembuatan buklet digital (E-Booklet) menu berbahasa Inggris. Melalui kombinasi strategi pemasaran konvensional (mulut ke mulut) dan kontemporer (media sosial) tersebut, program ini diharapkan membantu toko Ani Cake untuk menarik kuantitas calon konsumen yang lebih banyak.
Copyrights © 2024