Inteferensi bahasa Bima terhadap bahasa Arab merupakan salah satu hal yang menyebabkan kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab (PBA) yang disebabkan oleh latar belakang mereka yang mayoritas berasal dari wilayah Bima dan bahasa Bima menjadi bahasa keseharian mereka. Hal tersebut berpengaruh secara langsung terhadap materi bahasa Arab yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk peningkatan kemampuan bahasa Arab melalui pentashihan interferensi bahasa Bima terhadap bahasa Arab bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa arab Universitas Muhammadiyah Bima. Jenis penelitian ini adalah PTK dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan pentashihan interferensi bahasa Bima terhadap bahasa Arab bisa meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa khususnya pada aspek kemampuan keterampilan lisan bahasa Arab mahasiswa. Kesimpulan tersebut sesuai dengan persentase hasil observasi peneliti terhadap aktivitas pentashihan mahasiswa pada siklus I. Data hasil observasi terhadap aktivitas dan kemampuan pentashihan mahasiswa pada siklus I sebesear 83,33% sedangkan siklus II sebesar 90% yang artinya sangat baik. Hal ini didukung oleh meningkatnya hasil postes mahasiswa terhadap penguasaan membuat kalimat yang benar dari bahasa Bima ke dalam bahasa Arab, hal ini terlihat dari siklus I rat-rata persentase nilai tes lisan mahasiswa 68,89%, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai tes lisan 90,00%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024