Yayasan Cita Cendikiawan Al Khwarizmi
Vol. 4 No. 2 (2024): Artikel Riset Nopember 2024

Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Melalui Pojok Baca Berbasis Digital

Ambarita, Rosmita (Unknown)
Kaharuddin, Kaharuddin (Unknown)
Batubara, Mhd. Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Era digital merupakan tempat dimana manusia hidup diiringi dengan berkembangnya teknologi digital yang merupakan suatu kemajuan peradaban bagi manusia itu sendiri. Di era digital banyak sekali disrupsi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, salah satunya literasi media yang mengalami perubahan dari bentuk cetak ke bentuk digital, namun derasnya arus informasi dan sumber informasi yang valid menjadi tantangan tersendiri bagi sastra digital, oleh karena itu di dalam rangka menunjang perkembangan motorik, minat membaca, dan upaya memperluas pengetahuan melalui media membaca, PKM ini menggagas program kerja terkait literasi dengan media cetak dan buku buku online melalui “Pojok Baca” berbasis Digital yang berisi berbagai buku dengan informasi referensi terpercaya. Mengembangkan dan meningkatkan literasi menjadi salah satu permasalahan besar bagi pelajar saat ini. Kurangnya minat literasi dan minat membaca khususnya pada siswa disebabkan oleh kurangnya fasilitas di perpustakaan atau penggunaan gadget yang berlebihan. Permasalahan tersebut dikhawatirkan akan semakin banyak anak-anak yang mempunyai minat membaca yang rendah.PKM ini bertujuan untuk meningkatan literasi siswa, dalam hal ini siswa MTs Persiapan Negri Bintang Sembilan Sibabangun, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Peningkatan literasi tersebut akan dilakukan melalui salah satu program kerja yang dilaksanakan, yaitu yaitu penerapan Pojok Baca berbasis Digital.

Copyrights © 2024