Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 11 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi November

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA DALGONA (DAKON DOLANAN MATEMATIKA) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN NGLANDUNG 02 MADIUN

Marsya Melani (Unknown)
Sudarmiani (Unknown)
Nunung Kuntari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media DALGONA (Dakon Dolanan Matematika) pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB untuk peserta didik kelas 5 di SDN Nglandung 02 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sembilan siswa kelas lima menjadi subjek penelitian dalam dua siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan. Setelah penggunaan media DALGONA, temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Dari 22% pada pra-siklus menjadi 55% pada Siklus I dan 89% pada Siklus II, proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat, yang semuanya masuk dalam kategori sangat tinggi. Pada akhir penelitian, nilai rata-rata kelas adalah 89%. Hasil ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas V SDN Nglandung 02 dapat meningkatkan hasil belajar mereka pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan media DALGONA (Dakon Dolanan Matematika).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...