Buku ajar IPS di Jurusan PGSD FKIP Universitas Musamus tidak sesuai kurikulum terbaru. Mahasiswa kesulitan memahami materi. Buku ajar monoton, menghambat kreativitas, partisipasi, dan pengembangan ide kreatif. Dosen kesulitan mengembangkan materi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar berbasis NOKEN untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Buku ajar dirancang mendukung kreativitas mahasiswa dan relevansi dengan konteks sosial budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode R&D untuk mengembangkan dan menguji efektivitas produk pendidikan. Peneliti mengikuti lima tahap, mulai dari analisis kebutuhan hingga uji coba produk. Data dikumpulkan melalui studi kasus dan literatur. Produk yang dirancang divalidasi oleh ahli dan diuji coba pada kelompok kecil serta besar. Tes pretest-posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Buku Ajar Konsep Dasar IPS Berbasis Noken P5 memberikan dampak positif terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD. Dari hasil uji coba pretest dan posttest, terlihat adanya peningkatan yang signifikan dalam nilai N-Gain, terutama di kelas C yang menunjukkan kriteria peningkatan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis Noken efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar IPS. Buku ajar ini berhasil membangun keterlibatan mahasiswa melalui pendekatan yang mengedepankan kreativitas, kemandirian, dan eksplorasi materi secara aktif. Dengan demikian, buku ini mendukung pembelajaran yang lebih bermakna dan aplikatif. Kesimpulan penelitian bahwa buku ajar berbasis Noken P5 efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penerapan metode kreatif mendukung pemahaman materi. Perbaikan kebahasaan dan elemen visual masih diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024