Jurnal Edukasi
Vol. 2 No. 6 (2024): Jurnal Edukasi

Metode Bernyanyi untuk Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sarai Permata Kapuas Hulu

Ekhesy, Della (Unknown)
Halida, Halida (Unknown)
Amalia, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi bernyanyi untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia 4-5 tahun di TK Sarai Permata, Kapuas Hulu. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan pendekatan yang dilakukan dalam metode ini. Hotspot informasi untuk eksplorasi ini adalah berkumpulnya Seorang instruktur di TK Sarai Permata, bernama Dini Ani, berusia 37 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Informasi diperoleh melalui pertemuan, persepsi dan dokumentasi. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa: 1. Setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, guru TK Sarai Permata membuat Rencana Pembelajaran Harian (RPPH). Lagu-lagu yang dipilihnya sesuai dengan tema pembelajaran, memilih lagu-lagu yang mudah dinyanyikan anak-anak dan akrab dengan dunia anak. Misalnya lagunya harus pendek-pendek agar anak-anak mudah menghafal liriknya, 2. Pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana dengan baik sesuai RPPH, dalam melakukan latihan menyanyi dilakukan dengan menggunakan tata cara pertunjukan lanjutan, latihan menyanyi dalam tahapannya, adanya rasa kepastian dan kedekatan bersama antara pendidik dan anak, serta pemberian hadiah dan pujian kepada anak, 3. Penilaian dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen evaluasi sehari-hari sebagai agenda. Oleh karena itu, pemanfaatan teknik bernyanyi dalam mengembangkan rasa takut pada anak di TK Sarai Permata telah terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...