Tujuan penelitian ini mendesripsikan diksi iklan produk makanan dan minuman di kanal Youtube Lemonilo serta merelevansikan hasil penelitian sebagai bahan ajar handout teks iklan siswa kelas VIII tingkat SMP. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian berupa tujuh video Iklan produk makanan dan minuman di kanal YouTube Lemonilo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, simak dan mencatat. Teknik analisis data menerapkan tiga aliran kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa pemakaian diksi pada iklan produk makanan dan minuman di kanal YouTube Lemonilo dari tahun 2018-2024 menampilkan pemakaian diksi sangat beraneka ragam. Berdasarkan tujuh video iklan yang dikaji, ditemukan empat kata denotasi, lima kata konotasi, empat kata abstrak, enam kata konkrit, empat kata umum, enam kata khusus, dua kata ilmiah, enam kata popular, empat kata jargon, empat kata slang, lima kata asing, dan lima kata serapan. Penggunaan diksi beragam mempermudah penonton memahami informasi dalam iklan. Hasil penelitian ini relevan materi teks iklan kelas VIII tingkat SMP. Oleh karena itu, penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024