Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut di SMKN 1 Padang masih menggunakan metode konvensional sehingga penggunaan media pembelajaran belum dimanfaatkan dengan sangat baik, sehingga pembelajaran tersebut menjadi membosankan bagi siswa dan motivasi belajar pada siswa menurun dan siswa cenderung bersikap pasif pada proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk melihat ke praktisan dan keefektifitasan media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) model IDI dengan subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI di SMKN 1 Padang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis video tutorial. Hasil uji validitas ahli materi dan media diperoleh nilai sebesar 0,92 dan 0,865 yang dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dibuat valid. Dan hasil analisis angket penilaian siswa diperoleh nilai sebesar 91,7% yang dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori yang sangat baik. Serta hasil efektivitas pembelajaran didapat adanya kenaikan nilai siswa antara pretest dan posttest dengan perbandingan nilai 16,7% dan 83,3% yang dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dibuat sudah efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial sudah efektif dan sudah sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran disekolah pada mata pelajaran pemesinan bubut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025