Cerdas-Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2024)

Metode Penyelesaian Konflik di Lembaga Pendidikan Islam

Dewi, Linda (Unknown)
Safinatun najah (Unknown)
Siti Dewi Wulandari (Unknown)
Rofiatul Azkiyah (Unknown)
Mua’limin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Sebagian besar metodologi yang digunakan dalam penyelesaian konflik menunjukkan kecenderungan untuk menjadi umum dan saat ini tidak memasukkan prinsip-prinsip Islam sebagai aspek dasar dari manajemen konflik. Penelitian ini bercita-cita untuk berkontribusi baik secara teoritis maupun praktis ke domain manajemen pendidikan. Dalam penyelidikan ini, menggunakan metodologi penelitian studi perpustakaan, yang mencakup kerangka teoritis yang berkaitan dengan masalah yang ada yang dibahas dalam penelitian, dilakukan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen konflik yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam, seperti musyawarah, tahkim, dan islah, sangat relevan untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggambarkan bahwa konflik di dalam institusi pendidikan Islam adalah kejadian yang tak terelakkan. Namun demikian, dengan pendekatan yang tepat, konflik dapat diubah menjadi peluang untuk meningkatkan efektivitas kelembagaan. Nilai-nilai Islam akan memberikan kerangka kerja yang kuat untuk manajemen konflik yang konstruktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cerdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Media Pembelajaran, RnD Pembelajaran, Pengembangan Pembelajaran dan Praktek Mengajar ...