Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana dinamika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus pada studi kepustakaan. Melalui tinjauan literatur, penelitian ini mengungkap beberapa manfaat utama dari integrasi AI dalam pembelajaran PAI. AI memungkinkan personalisasi materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu setiap siswa, meningkatkan aksesibilitas pembelajaran terutama bagi siswa di daerah terpencil atau dengan kebutuhan khusus, serta mengotomatisasi tugas administratif sehingga guru dapat lebih banyak berfokus pada proses pengajaran. Selain itu, AI mendukung pengembangan konten pembelajaran yang lebih interaktif dan analisis data yang mendalam untuk peningkatan kurikulum. Dengan pendekatan yang lebih personal, diharapkan bahwa AI dapat mendorong motivasi dan keterlibatan siswa, menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan mendalam. Secara keseluruhan, integrasi AI dalam pembelajaran PAI memiliki potensi besar untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif, adaptif, dan mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital saat ini.
Copyrights © 2024