Kurikulum merdeka lebih fokus dalam proyek sehingga siswa lebih aktif dan bisa terjun langsung dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut untuk berinovasi dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti e-modul. Pelatihan pembuatan e-modul berbasis kearifan lokal ini bertujuan untuk membantu para guru mendapat informasi valid mengenai kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar kemudian dijadikan bahan ajar untuk membantu peserta didik dalam memahami urgensi penerapan kearifan lokal dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah model pendampingan, yang berupa kegiatan pelatihan menggunakan metode presentasi, diskusi, pendampingan pembuatan e-modul. Peningkatan keterampilan guru dapat dilihat melalui hasil analisis nilai n-gain dari pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta. Hasil kegiatan ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pretest dan posttest yang diperoleh guru. Sehingga, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berhasil memberikan dampak positif pada kemampuan guru-guru IPA dalam pembuatan e-modul. Dapat disimpulkan bahwa program pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu perwujudan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini mampu memberikan manfaat bagi para guru IPA yang tergabung ke dalam MGMP Guru IPA Kabupaten Musi Banyuasin.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023