Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan kurangnya penggunaan Bahasa Jerman di kelas Bahasa Jerman serta kurangnya penguasaan materi dan kompetensi metodik didaktik guru Bahasa Jerman SMA dengan mengimplementasikan Content and Language Integrated Learning (CLIL). Metode yang digunakan adalah membuat rancangan pembelajaran berbasis CLIL yang diimplementasikan melalui workshop 1-4 menggunakan prototype yang telah disiapkan, lalu melakukan observasi selama penerapan, mengumpulkan data responden, melakukan evaluasi dan diskusi hasil kerja. Peserta workshop sekaligus responden penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Jerman SMA di Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa CLIL dapat diimplementasikan dengan baik dan lancer. Hasil positif ditunjukkan dalam setiap poin angket yang terdiri dari kebermanfaatan, kesesuaian materi, harapan peserta, keterpenuhan harapan peserta, keaktifan peserta, dan hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan kegiatan. Implementsasi CLIL dapat meningkatkan penguasaan materi dan kompetensi metodik didaktik guru bahasa Jerman, sehingga pembelajaran bahasa Jerman menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan demikian, siswa senang mempelajarinya dan kompetensi yang dituntut oleh kurikulum dapat tercapai dengan hasil memuaskan. Pada akhirnya, kita dapat turut berkontribusi dalam upaya mencapai target SDGs poin ke 4 yakni pendidikan berkualitas.
Copyrights © 2023