Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 4 (2024): November

PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL LITERASI SAINS BERBASIS HOTS BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN MUARAENIM

Ariska, Melly (Unknown)
Ismet, Ismet (Unknown)
Andriani, Nely (Unknown)
Saparini, Saparini (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Keterampilan berliterasi bagi guru IPA dibutuhkan agar terampil memfasilitasi pengembangan literasi siswa. Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan meningkatkan kemampuaan guru IPA SMP di Kabupaten Muaraenim dalam menyusun soal-soal literasi sains berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTs). Peserta kegiatan adalah guru yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran IPA Kabupaten Muaraenim. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan selama 3 hari dilanjutkan dengan tugas mandiri. Kemampuan atau pemahaman guru terhadap penyusunan soal-soal (asesmen) dan literasi sains dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Akhir kegiatan peserta memberikan penilaiam terhadap penyelenggaraan pelatihan yang telah diselenggarakan. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman guru terhadap penyusunan soal-soal dan literasi sains dengan capaian N-gain 88,7% dan guru memberikan penilaian sangat baik terhadap pemyelenggaraan kegiatan penyusunan soal-soal literasi sains berbasis HOTs. Simpulan dari kegiatan pengabdian ini bahwa pelatihan penyusunan soal-soal literasi sains telah mampu meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun perangkat asesmen yang berliterasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...