Telah dilakukan pelatihan penyusunan soal-soal berbantuan platform wordwall sebagai instrumen penilaian bagi guru- guru IPA di MGMP kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Pelatihan diikuti sebanyak 32 orang guru IPA yang bertujuan untuk membantu guru-guru menggunakan salah satu aplikasi sebagai alat bantu untuk penilaian berbasis komputer. Proses pembelajaran fisika di kelas dilakukan dengan kegiatan penyadaran atau penguasaan materi fisika pada peserta didik melalui interaksi pengajaran atau proses belajar mengajar. Sehubungan dengan perkembangan zaman dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka dirasa penting untuk menggunakan instrumen penilaian dengan memanfaatkan teknologi yang telah ada pada saat ini. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan secara positif dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berorientasi pada proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Metode pelatihan menggunakan metode workshop dengan metode demonstrasi, latihan penggunaan aplikasi, presentasi, diskusi serta pembuatan instrumen soal objektif yang diinput kedalam aplikasi wordwall. Hasil dari pelatihan dilihat dari nilai N-gain yang diperoleh peserta dari skor pre-tes dan post-tes. Pelatihan dikatakan sudah berhasil karena nilai gain skor yang diperoleh 0,3 ≤ N-gain ≤ 0,7 mencapai 75 % dari keseluruhan peserta. Hasil observasi selama pelatihan menunjukan keatifan lebih dari 75 % peserta aktif mengikuti pelatihan sampai terakhir. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa kemampuan guru setelah melewati tahapan pelatihan, berdampak secara langsung bagi guru.
Copyrights © 2024