Blog menawarkan fleksibilitas bagi guru dalam menyampaikan materi, menyediakan tugas, dan berinteraksi dengan siswa dalam pembelajaran. Namun tidak semua sekolah mengajarkan penggunaan dari blog, salah satunya adalah SMP 4 Tanralili Kab. Maros. Hal ini disebabkan karena guru belum mengetahui cara pembuatan Blog. Guru memerlukan pelatihan dan pendampingan dalam mengoptimalkan blog sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi penggunaan blog sebagai media pembelajaran di SMPN 4 Tanralili Kabupaten Maros. Pelatihan dihadiri 11 Guru dari berbagai mata Pelajaran. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan presentasi dan demonstrasi serta diakhiri dengan pemberian angket dalam bentuk google form sebagai umpan balik kegiatan. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi. Frekuensi pelatihan dilakukan 1 kali dengan durasi masing-masing sesi adalah 2x90 menit. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sebanyak 86% mitra merasa puas terhadap pelatihan yang diberikan, 81,8% mitra berhasil memahami materi yang disampaikan tim pengabdi serta mampu untuk mengimplementasikan pembuatan blog secara mandiri.  Pelatihan yang diberikan dapat membantu guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, meningkatkan literasi digital, dan mendorong inovasi dalam pengajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024