Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 3 No. 03 (2024): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Penerapan Teknik Mindfulness dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas

Putri, Helena Anggraeni (Unknown)
Hardi, Yuwono (Unknown)
Alghiffari, Eka Kevin (Unknown)
Siswanto, Deny Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan teknik mindfulness dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Atas negeri maupun swasta. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk pemahaman mendalam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan tren. Hasil penelitian menunjukkan praktik mindfulness diterapkan luas di beberapa sekolah swasta, sementara di sekolah negeri masih terbatas. Faktor utama yang memengaruhi penerapan meliputi keberadaan guru proaktif dan dukungan administratif. Penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh tentang integrasi mindfulness, mencakup manfaat, tantangan, dan strategi penerapan. Tantangan seperti kurangnya pemahaman dan keterbatasan sumber daya menghambat penerapan luas. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengeksplorasi efek jangka panjang dan mengembangkan strategi efektif mengatasi hambatan, termasuk pelatihan dan pendampingan bagi pendidik serta dukungan administratif lebih kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...