Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 6, No 2 (2024): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)

ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR

Andriana, Encep (Unknown)
Rokmanah, Siti (Unknown)
Alfin Setiawan, Nur Yoga Zein (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2025

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu pendidikan integral yang memiliki tujuan dalam membentuk individu untuk mempunyai sikap, etika, serta beberapa nilai moral yang baik. Terdapat berbagai macam pendidikan karakter yang memiliki peran penting dalam membentuk peserta didik menjadi generasi muda yang baik, salah satunya adalah karakter disiplin peserta didik. Tujuan dari penulisan ialah menganalisis pendidikan karakter terhadap kedisiplinan siswa sekolah dasar. Metode penulisan menggunakan jenis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan dari peserta didik sudah terlaksana dengan baik. Kesimpulan yang diambil ialah penerapan karakter disiplin dari peserta didik dapat diterapkan melalui pendidikan karakter berdasarkan beberapa kegiatan di sekolah. Sikap disiplin dari peserta didik juga ditunjukkan melalui pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu serta kegiatan pembelajaran dimana siswa masuk kedalam kelas dengan kondusif dan teratur. Patuh terhadap peraturan yang berlaku juga ditunjukkan melalui mengenakan seragam yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan rapi.Kata Kunci: karakter, kedisiplinan, sekolah dasar, siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...