Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi termodinamika. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 25 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes pilihan berganda pada materi hukum termodinamika berupa pre-test dan post-test. Teknik menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 32,00 dan kelas kontrol 33,40. Kemudian, rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 81,80 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran SSCS memiliki nilai 68,60. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji Independent Samples T-Test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi termodinamika kelas XI MAN Kota Lhokseumawe.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024