Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA

Yuanita, Devika (Unknown)
Idris, Syafrizal (Unknown)
Widya, Widya (Unknown)
Ginting, Fajrul Wahdi (Unknown)
Sari, Arlin Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi termodinamika. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 25 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes pilihan berganda pada materi hukum termodinamika berupa pre-test dan post-test. Teknik menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 32,00 dan kelas kontrol 33,40. Kemudian, rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 81,80 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran SSCS memiliki nilai 68,60. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji Independent Samples T-Test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi termodinamika kelas XI MAN Kota Lhokseumawe.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...