RENATA Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua
Vol. 2 No. 3 (2024): Renata - Desember 2024

Penerapan Digital Marketing (Instagram dan Youtube) untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Meja Kursi dari Limbah Ban

Dzulfikar, Arif (Unknown)
Busharmaidi, Busharmaidi (Unknown)
Nuryatno, Yulius Jatmiko (Unknown)
Delyuzar, Raissa Arham (Unknown)
Sari, Evita Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Tingginya jumlah limbah ban di Indonesia menimbulkan potensi masalah lingkungan karena sulitnya limbah ini terurai dan memiliki dampak negatif terhadap kualitas udara dan lahan. Usaha kursi dan meja berbahan limbah ban Ciberes di Bogor merupakan salah satu contoh inisiatif greentrepreneurship untuk mengurangi limbah sekaligus memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Namun, kendala pemasaran terbatas pada metode word of mouth dan WhatsApp menghambat pertumbuhan usahanya. Melalui kegiatan ini, tim pengabdian memberikan pelatihan digital marketing, khususnya dalam penggunaan Instagram dan YouTube. Tahapan pelatihan meliputi observasi awal, pembuatan konten, serta sosialisasi dan pelatihan tentang desain konten menarik dengan Canva dan video marketing. Hasil akhirnya dari pengabdian ini berupa konten pemasaran digital Instagram dan Youtube yang diharapkan dapat menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan penjualan, dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya pengelolaan limbah secara kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renata

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Other

Description

RENATA adalah jurnal pengabdian masyarakat untuk semua masyarakat Indonesia. Jurnal ini yang tidak terbatas pada kalangan akademisi, peneliti, dan mahasiswa. Namun, jurnal inipun mencakup pada kelompok keilmuan, lembaga profesi, atau kalangan masyarakat lain yang membutuhkan publikasi dari kegiatan ...