Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di kelas III SDN 01 Bakaran Batu, subjek penelitian ini adalah kelas III SDN 01 Bakaranbatu yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023, penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sisitem siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dsn refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penilaian yang digunakan untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses belajar dan mengajar berlangsung, dan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase dari hasil belajar kognitif sisiwa, sikap dan aktivitas peserta didik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar di kelas III SDN 01 Bakaran Batu.
Copyrights © 2024