Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini karena rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 9 Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk pengembangan dengan kriteria valid, praktis, dan efektif berupa  e-modul dengan memanfaatkan aplikasi sigil software menggunakan langkah-langkah discovery learning. Pengembangan dilakukan untuk memfasilitasi kemampuan dalam permasalahan komunikasi matematis pada materi segiempat. Pengembangan e-modul dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023 semester genap yang berlokasi di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, lembar validasi untuk ahli teknologi, angket respon siswa, dan soal posttest. Hasil perolehan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dengan menggunakan sigil software berbasis discovery learning yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024