Kurangnya bahan ajar yang memberikan latihan kepada siswa secara mandiri dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan statistika menjadi latar belakang dikembangkannya LKS berbasis ICARE.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE)  yang valid, praktis, dan efektif pada materi statistika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di salah satu SMP negeri yang ada di Bagan Sinembah. Subjek penelitian adalah validator dan siswa kelas VIII. Objek penelitian adalah LKS berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) pada materi statistika. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penyebaran angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dan sangat praktis baik untuk kelompok kecil maupun untuk kelompok terbatas. Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah dapat dikatakan efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran terkait materi statistika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024