MAN Insan Cendekia Pekalongan merupakan sekolah unggul yang telah menggunakan kurikulum yang memadukan iptek dan imtaq. Fakta tersebut didapatkan dari beberapa jurnal yang telah terpublikasi dengan bukti yang konkrit. Penelitian ini berlokasi di MAN Insan Cendekia Pekalongan, berfokus pada kurikulum yang diterapkan di MAN Insan Cendekia Pekalongan serta bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan kurikulum di MAN Insan Cendekia Pekalongan, dan juga pengembangannya. Sekolah tersebut telah menggunakan kurikulum integratif yang memadukan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode library research atau studi pustaka. MAN Insan Cendekia Pekalongan merupakan sekolah unggul yang telah memadukan kurikulum integratif dengan konsep kurikulum yang mencakup pendekatan subjek akademis, humanistik, dan teknologi, serta rekonstruksi sosial. Pendekatan ini diharapkan dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga memiliki moralitas dan spiritualitas yang tinggi. Pengembangan kurikulum di sekolah ini juga melibatkan evaluasi secara berkelanjutan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan global. Penelitian ini memberikan gambaran mendalam tentang analisis pengembangan kurikulum integratif serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum serupa di sekolah-sekolah lain di Indonesia.
Copyrights © 2024