Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui keefektivan ataupun pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di SDN Sendangguwo 01 dengan populasi 27 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan pre eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan data tes, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh melalui Uji Normalitas menggunakan Saphiro Wilk memperoleh hasil >0.05 yaitu memiliki hasil Sig. 100 dan 105 pada nilai pretest dan posttest. Kemudian dilihat dari hasil Uji Paired T-Test menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, maksudnya terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pretest dan rata-rata hasil posttest dengan memberikan perlakuan sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa. Kemudian terlihat juga dari hasil Uji N-Gain diperoleh hasil nilai rata-rata 0.59. Hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Sendangguwo 01 dengan kriteria sedang.
Copyrights © 2024