This research aims to determine how the recitation method is implemented in higher education learning the Quran. This research is qualitative. Research data was collected using observation, interview, and documentation techniques and then analyzed using descriptive analysis. From the results of this research, it was found that the syntax of the recitation method for learning to read the Al-Qur'an at YARSI University was designed following technological developments. Apart from that, the technology used to implement technology-based assignments is the Internet, WhatsApp, e-learning, video, and Google Drive. This platform was chosen because of its suitability to the assignment needs. The technical obstacles students face in reading the Al-Qur'an are technical, namely insufficient cellphone memory to store videos and a weak or unstable internet network. This research does not describe the impact or influence of technology-based Al-Quran reading assignments on the quality of student reading. Therefore, further research related to this is highly recommended. AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur'an di perguruan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini didapati bahwa sintaks metode resitasi untuk pembelajaran membaca Al-Qur'an di universitas YARSI dibuat dengan mengikuti perkembangan teknologi. Selain itu, teknologi yang digunakan untuk menerapkan penugasan berbasis teknologi yaitu internet, whatsapp, e-learning, video dan google drive. Platform ini dipilih karena kesesuiannya dengan kebutuhan penugasan. Adapun kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas membaca Al-Qur'an bersifat teknis yaitu memori handphone yang kurang memadai untuk menyimpan video dan jaringan internet yang lemah atau tidak stabil. Penelitian ini tidak menggambarkan bagaimana dampak atau pengaruh penugasan membaca Al-Qur'an berbasis teknologi terhadap kualitas bacaan mahasiswa, oleh karenanya penelitian berikutnya terkait hal tersebut sangat direkomendasikan.
Copyrights © 2024