Kurangnya partisipasi anak dalam bertanya merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena proses bertanya merupakan salah satu metode penting bagi anak untuk merangsang pemikiran kritis, memperluas pengetahuan, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Maka dari itu peneliti ingin menerapkan pembelajaran menggunakan media audio visual untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam bertanya. Dalam penelitian ini, metode yang dignakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan teknik deskriptif persentase. Subjek penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas III SDN Karanglayung. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai partisipasi bertanya yang diperoleh siswa di siklus I dengan nilai rata – rata adalah 70,8, dengan ketercapaian 46,6%% serta siklus II dengan nilai rata – rata adalah 79,6 dan ketercapaianya 80%, adapun untuk persentase peningkatannya sebesar 12,42%. Dari peningkatan yang diperoleh dari pra tindakan, siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual terbukti mampu meningkatkan partisipasi bertanya siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di Kelas III SDN 2 Karanglayung. Bagi guru dan calon guru harus memperhatikan kebutuhan siswa dizaman sekarang dan diharapkan mampu menciptakan atau membuat inovasi baru bagi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024