Salah satu masalah pembelajaran gramatika bahasa Arab di Madrasah Aliyah (MA) adalah kurangnya kemampuan dalam membuat variasi pengajaran, utamanya dalam memanfaatkan media digital. Berdasarkan pertimbangan tersebut tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembelajaran gramatika bahasa Arab berbasis media interaktif untuk guru bahasa Arab MA se Kabupaten Malang. Metode yang digunakan adalah metode langsung, praktik individual dan pendampingan. Ada empat materi yang disampaikan dalam pelatihan, yaitu (1) pembelajaran nahwu berbasis peta konsep melalui program interaktif lectora, (2) pembelajaran nahwu dengan pendekatan post method secara daring, (3) pemanfaatan aplikasi canva dan padlet untuk pembelajaran nahwu, dan (4) Pengembangan Video Pembelajaran Nahwu Berbantuan Aplikasi Screen-Cast-O-Matic. Di akhir pelatihan dilakukan pendampingan berkala selama dua bulan dan evaluasi. Kegiatan telah berjalan dengan sukses, dengan hasil yang baik dan mempunyai manfaat yang cukup tinggi bagi peserta. Hal ini dibuktikan dengan komentar dan saran yang disampaikan peserta melalui angket evaluasi yang disebarkan di akhir acara. Kendala yang dialami sebagian peserta lebih banyak berkaitan dengan aplikasi dan signal internet. Tetapi karena sudah merupakan tuntutan, maka mereka tetap berusaha berusaha menyesuaikan diri.
Copyrights © 2024