Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 9 (2024): November

Penguatan Kecerdasan Emosional Para Guru SMAS Sandikta Bekasi di Era Digital

Fajri, Nurul (Unknown)
Gunawan, Agus (Unknown)
Syarifah, Syarifah (Unknown)
Zuraida, Dita Juwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Pendidik dituntut untuk beradaptasi dengan cepat untuk menyesuaikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Pendidik dengan EQ yang tinggi memiliki kemampuan untuk memahami dan menanggapi berbagai emosi dan kebutuhan peserta didik. Penguatan kecerdasan emosional (EQ) para guru di era perubahan lingkungan pendidikan sangat diperlukan dimana m-learning sudah masuk kelas yang sering membuat siswa menjadi kurang fokus. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMAS Sandikta Bekasi. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru SMAS Sandikta yang berjumlah 38 peserta.  Materi pelatihan ini diberikan oleh tim pengabdian masyarakat yang berjumlah 4 orang. Materi yang diberikan mencakup materi mengenai penguatan daya kesadaran diri guru, penguatan daya regulasi, memotivasi diri guru, dan empati. Setelah pelatihan dilaksanakan, didapatkan hasil bahwa skor rata-rata EQ guru meningkat dari 21,27 (kategori sedang) menjadi 25,06 yang masuk dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...