Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan program baca tulis al-Qur’an dengan model evaluasi CIPP di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ambon. Metode yang digunakan adalah metode evaluasi CIPP sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis data menggunakan display data, Reduksi Data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kegiatan pembinaan baca tulis al-Qur’an pada ma’had al-Jami IAIN Ambon dengan model evaluasi CIPP sudah berlangsung dengan efektif, (2) Input proses berlangsung program kegiatan sudah berjalan secara terah dengan baik, (3) evaluasi proses berlangsung secara baik dimana hal itu dapat dilihat dari adanya kesesuaian jadwal pembelajaran bagi mahasiswa dengan kinerja dari para penyelenggra, (4) dari segi hasil program pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang diterapkan kepada mahasiswa secara keseluruhan telah berlangsung secara baik walau terdapat mahasiswa yang remedial namun semua mahsaiswa dapat membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik
Copyrights © 2024