Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 3 (2024)

Edukasi Asesmen Autentik Pada Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mendukung Merdeka Belajar dan Pembelajaran Sepanjang Hayat

Mashfufah, Aynin (Unknown)
Pristiani, Riska (Unknown)
Ekawati, Ratna (Unknown)
Mufida, Nurul Fajriyatuz Zahro (Unknown)
Mariani, Sijah (Unknown)
Utama, Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendahuluan: Asesmen autentik masih cenderung dihindari oleh para guru dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan asesmen belum memberikan dampak dalam pembelajaran sepanjang hayat. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan asesmen autentik dalam pembelajaran berdiferensiasi. Metode: edukasi dan pelatihan. Hasil: Hasilnya, guru-guru sudah mampu mengembangkan asesmen autentik dengan cukup baik. Kecermatan guru dan kreativitas ide tentu perlu ditingkatkan lagi dengan latihan yang intensif dalam mengembangkan daftar tugas maupun rubrik penilaian khususnya untuk asesmen kinerja. Kesimpulan: Para guru sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi dan pelatihan asesmen autentik dan kegiatan mampu merubah paradigma guru tentang asesmen autentik untuk memberikan dampak pembelajaran sepanjang hayat.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...