Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 3 (2024)

Pemberdayaan Pedagang Cinderamata di Kete’Kesu’ melalui Program Pembelajaran Modul Multibahasa dan Pemasaran Digital

Mangera, Elisabet (Unknown)
Hamid, Sitti Maryam (Unknown)
Mengga’ , Grace Sriati (Unknown)
Mannong, Andi Bulkis Maghfirah (Unknown)
Ananda , Titin Aprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendahuluan: Tempat wisata di Toraja, Sulawesi Selatan, menarik wisatawan dengan cinderamata khasnya. Namun, kemampuan bahasa, strategi pemasaran, dan branding pedagang masih terbatas. Studi ini bertujuan memberikan pelatihan multibahasa (Indonesia, Toraja, Inggris), strategi pemasaran, dan branding di Ke’te Kesu’. Metode: Perencanaan dan koordinasi, aksi, pendampingan, refleksi, dan evaluasi. Hasil: 1) Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam transaksi jual-beli; 2) Pengetahuan pemasaran efektif melalui platform online untuk meningkatkan pendapatan; 3) Penyediaan tas belanja dengan desain khas Toraja; 4) Kemampuan komunikasi multibahasa pedagang meningkat. Kesimpulan: Para pedagang dapat menggunakan multi bahasa dalam interaksi jual beli, melakukan pemasaran secara online menggunakan platfom/ market place dan branding dngan pengemasan tas belanja plastik khas destinasi wisata Ke’te Kesu’.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...