BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 6 No 2 (2024): BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

Tingkat Pengetahuan Keterampilan 4C Guru Biologi se-Kabupaten Sidrap

Alonemarera, A. S. (Unknown)
Arhamar, A. S. Muhammad (Unknown)
Lodang, Hamka (Unknown)
Palennari, Muhiddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Guru biologi sebagai pendidik harus memiliki pengetahuan yang baik tentang keterampilan 4C (creative thinking, critical thinking, communication, dan collaboration) agar dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan 4C itu sendiri secara efektif. Penelitian berjenis deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan keterampilan 4C guru biologi SMA Negeri se-Kabupaten Sidrap. Subjek penelitian ini adalah 18 orang guru biologi berstatus PNS yang berasal dari 9 SMA Negeri di Kabupaten Sidrap. Data dikumpulkan melalui teknik tes dengan instrumen penelitian berupa lembar tes pengetahuan keterampilan 4C berisi 4 butir pertanyaan dan 30 butir pernyataan yang dikembangkan dari 4 aspek keterampilan 4C. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai persentase rata-rata pengetahuan pada aspek creative thinking, critical thinking, communication, dan collaboration secara berturut-turut adalah 63,33% (Baik); 68,75% (Baik); 47,47% (Cukup); dan 67,59% (Baik). Sedangkan nilai rata-rata umum sebesar 61,79% (Baik). Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan keterampilan 4C guru biologi SMA Negeri se-Kabupaten Sidrap berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan untuk penelitian lanjutan yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan keterampilan 4C guru biologi dan strategi terbaik untuk meningkatkannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya diterbitkan oleh  Universitas Sulawesi Barat. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang Biologi dan pembelajarannya yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literature. Redaksi menerima ...