Inisiatif: Jurnal Dedikasi Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 2 (2024): Inisiatif : Jurnal Dedikasi Pengabdian Masyarakat

Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Pada Era Global Abad 4.0 Kecamatan Buah Dua Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat

Darojat, Ojat (Unknown)
Sudrajat, Ajat (Unknown)
Enceng, Enceng (Unknown)
Mikdar, Saeful (Unknown)
Heriyanto, Heriyanto (Unknown)
Iasha, Vina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Pada FGD yang dilaksanakan oleh Pelaksana PkM ditemukan bahwa Hakikat Kurikulum Merdeka Belajar belum sepenuhnya di mengerti dan dimaknai secara mendalam oleh guru-guru di Kecamatan Buahdua baik dari segi: 1) Capaian pembelajaran; 2) Tujuan Pembelajaran; 3) Modul ajar; 4) Profil pelajar Pancasila; 5) Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran; 6) Teaching at the Right Leve; 7) Kurikulum operasional di satuan Pendidikan. Melihat dari masalah tersebut diatas maka diperlukan suatu perubahan yang sistematik dalam rangka menyambut perubahan Kurikulum tersebut. Pembelajaran di kelas akan berjalan maksimal dan optimal jika didukung oleh proses pembelajaran yang berkualitas, artinya bahwa guru serta merta harus memahami strategi belajar dan pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran yang bermkana dalam hal ini kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum prototipe yang di kembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih flesibel dan berfokus pada materi esensial serta pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Kurikulum merdeka belajar adalah Pendidikan berpatokan pada esensi dan makna belajar siswa dimana setiap siswa memiliki bakat dan minat masing-masing. Pada workshop ini guru-guru dibekali tentang hakikat kurikulum merddeka belajar, pembuatan perangkat pembelajaran, dan asesmen kurikulum. Sehingga para guru Ketika mengajarkan pembelajaran di kelas dapat menerapka model tersebut secara baik dan memahami kurikulum merdeka belajar. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui pengenbangan dan implementasi kurikulum merdeka belajar bagi guru-guru di  Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang Provinsi Sumedang. Metode pelaksanaan workshop dilaksanakan dengan cara : 1) metode ceramah bervariasi yaitu Narasumber memberikan langsung materi penyajian dengan diselingi metode tanya jawab antar peserta; 2) Metode praktek, yaitu narasumber memberikan contoh RPP kurikulum merdeka belajar kemudian peserta membuat satu contoh RPP Kurikulum merdeka belajar beserta asesmen-nya. Adapaun hasil dari adanya workshop ini para guru dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar dengan baik didalam kelas pada akhirnya siswa menjadi lebih mandiri dan bisa memaknai pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Inisiatif

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Inisiatif journal is a journal that was established at the end of 2022. This journal was first published in 2022 for volume 1 number 1 in June 2022. The publishing institution for this journal is the Pusmedia Group Indonesia based in Majalengka ...